Apa itu Geotextile? | Jenis, Fungsi dan Aplikasi

Pengertian Geotextile

Geotextile adalah salah satu material geosintetik tembus air yang terbuat bahan sintetis baik itu Polyester (PET) maupun Polypropylene (PP). Kemasannya sendiri biasanya berbentuk roll atau gulungan. Ukurannya bervariasi, ada yang 4 x 100, 4 x 200, 4 x 150, 6 x 150 dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Geotextile akhir-akhir ini banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan gedung, proyek pengolahan limbah dll. Material ini umumnya terbuat dari bahan-bahan sintetis, diantaranya: Polyester (PET) maupun Polypropylene (PP) dan campuran dari bahan-bahan tersebut yang diolah sedemikian rupa sehingga terbentuk material geotextile ini. Semua material ini bersifat thermoplastic, yang artinya jenis plastik yang menjadi lunak jika dipanaskan dan akan mengeras jika melalui proses pendinginan.

Baca Juga


Jenis atau Macam Geotextile

Geotextile tentunya banyak macam dan spesifikasi yang perlu kita ketahui. Di Indonesia sendiri, ada 2 macam geotextile yang sering digunakan, yaitu:
  1. Geotextile Anyam (woven),  adalah jenis geotextile yang teranyam, berbentuk seperti terpal. Bedanya, geotextile woven ini terbuat dari Polypropilene (PP) atau Polyester (PET) dan biasanya berwarna hitam.
  2. Geotextile Nir Anyam (non woven), adalah jenis geotextile yang berbentuk kain atau karpet yang tidak dianyam dan terbuat dari Polyester (PET) atau Polypropylene (PP). Untuk varian warnanya sendiri mayoritas putih dan abu-abu (made by order).
Gambar 1.1 Geotextile Non Woven & Woven

Dalam penggunaannya, kita harus bisa menentukan spesifikasi dan tipe geotextile yang sesuai. Yang paling penting dalam suatu pemilihan spesifikai geotextile adalah tensile strength atau kuat tarik. Semakin tinggi gramasi, semakin tinggi pula kuat tarik geotextile tersebut. Dalam hal ini diperlukan ahli teknik untuk menentukan tipe geotextile yang akan digunakan di suatu proyek.

Fungsi Geotextile

Material ini memiliki banyak manfaat atau fungsi yang dapat digunakan untuk menunjang pengerjaan proyek. Jika dilihat dari fungsinya, hingga saat ini geotextile mempunyai beberapa fungsi diantaranya:
  1. Geotextile sebagai separasi atau pemisah. Pemisah disini maksudnya geotextile berfungsi sebagai pemisah antara material satu dengan yang lainnya. Biasanya diterapkan pada struktur pengerasan jalan raya atau bandara, nah geotextile ini diletakkan di antara tanah dasar dan lapisan batu pondasi. Berbeda dengan timbunan, geotextile ini akan ditaruh pada dasar timbunan di atas tanah lunak atau gambut yang nantinya akan ditimbun tanah urugan. Jadi, geotextile disini berperan sebagai pemisah sekaligus perkuatan timbunan.
  2. Geotextile sebagai filtrasi atau penyaring. Dalam penggunaanya sebagai penyaring, geotextile disini berfungsi sebagai penyaring agar butiran kotoran halus tidak ikut terbawa aliran rembesan. Atau bisa juga digunakan untuk lapisan pipa penyaring bawah tanah.
  3. Geotextile sebagai reinforcement atau perkuatan. Disini geotextile berperan sebagai perkuatan bangunan pada tanah lunak atau gambut. Selain untuk lahan gambut, geotextile ini juga digunakan untuk perkuatan tanah daerah lereng yang landai agar terjaga kestabilannya.
Gambar 1.2 Salah Satu Fungsi Geotextile

Aplikasi Geotextile

Sampai saat ini, banyak sekali penggunaan atau aplikasi geotextile, baik yang woven maupun non woven. Aplikasi material tersebut diantaranya:
  1. Sering digunakan untuk cor / curing beton atau jalan
  2. Struktur pengerasan jalan dan rel kereta api, yaitu geotextile digunakan sebagai pemisah antara tanah dasar dan (atau) lapisan pondasi
  3. Struktur pencegahan erosi, yaitu geotextile digunakan untuk lapisan atau alas pada kawat bronjong
  4. Vertikal garden, dalam hal ini geotextile dibentuk sedemikian rupa sehingga terbentuk kantung-kantung yang bisa digunakan untuk media tanam vertical
  5. Perkuatan lereng, yaitu untuk menjaga stabilitas lereng agar tidak terjadi longsor.
Gambar 1.2 Salah Satu Aplikasi Geotextile

Dan tentunya masih banyak lagi aplikasi penggunaan geotextile ini yang tidak bisa saya sebutkan semuanya.

Itulah ulasan singkat saya mengenai apa itu geotextile, fungsi dan aplikasinya. Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang dunia geosintetik. Untuk Anda yang akan menggunakan geotextile untuk kebutuhan proyek, bisa langsung berkomentar untuk berkonsultasi atau hubungi saya di kontak yang sudah tersedia, terimakasih.

Komentar (0)

Posting Komentar