7 Alasan Geotextile Sebagai Material Yang Sering Digunakan

Berdasarkan pengertiannya geotextile adalah bahan dasar konstruksi yang sekarang ini sangat populer dan tentunya banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Biasanya geotextile digunakan untuk menahan beban yang cukup besar dalam proses penguatan tanah. Tidak hanya sebagai teori juga ada banyak sekali pengaplikasiannya dalam dunia konstruksi.

Gambar 1.2 Salah Satu Aplikasi Geotextile

Pertanyaannya adalah apakah ada alasan tertentu sebagai bahan pertimbangan? Kenapa harus menggunakan geotextile sebagai bahan dasar konstruksi? Berikut ini adalah alasan mengapa geotextile menjadi bahan konstruksi yang sering digunakan.

Baca Juga


    1. Geotextile Sangat Cocok Untuk Bahan Dasar Konstruksi
Alasan kenapa geotextile adalah bahan dasar yang cocok untuk konstruksi adalah karena geotextile bisa menahan beban yang cukup besar. Selain itu, bisa digunakan sebagai timbunan maupun hanya sebatas untuk proses curing beton saja. Silahkan cek artikelnya di fungsi dan penerapan geotextile dalam bidang konstruksi.

    2. Geotextile Memiliki Kuat Tarik (Tensile Strength) Cukup Tinggi
Woven Geotextile merupakan lembaran geotextile berbahan dasar serat sintetis tenunan dengan fitur tambahan yaitu anti ultra violet dengan kekuatan tarik yang tinggi. Bahan baku materialnya terbuat dari Polypropylene Polymer dan ada juga yang terbuat dari Polyester yang memang memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Hal ini menjadikan geotextile cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar untuk penahan tanah miring sehingga mengurangi resiko terjadinya bencana longsor atau sekedar terjadinya pengikisan tanah oleh air maupun angin.

    3. Bisa Digunakan Sebagai Filter
Anda tidak akan keliru ketika memilih bahan geotextile sebagai bahan konstruski untuk proyek subdrain atau drainase bawah tanah. Karena salah satu fungsi dari geotextile adalah untuk memfilter atau menyaring sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah terbawanya partikel-partikel tanah pada aliran air.

    4. Cocok Untuk Proyek Jalan Berlumpur
Bahan geotextile yang digunakan adalah jenis woven. Karena fungsinya adalah sebagai pencegah tercampurnya lapisan material yang satu dengan material yang lainnya. Pada penggunaan yang satu ini, sebutan untuk fungsinya adalah sebagai pemisah. Selain itu geotextile woven memiliki kuat tarik yang tinggi, sehingga bisa menjadi solusi untuk penanganan tanah gambut atau berlumpur. Dan juga, dengan menggunakan geotextile sebagai bahan dasar konstruksi jalan berlumpur akan membuat lapisan aspal dengan lumpur tidak menyatu, sehingga konstruksi jalan tidak akan mudah rusak.

    5. Cocok Untuk Tanah Berbukit
Sesuai dengan fungsinya sebagai penguat, maka tentunya bahan dasar geotextile akan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar konstruksi dan bisa diterapkan pada tanah berbukit. Fungsi dari geotextile adalah sebagai stabilisator, maka akan sangat cocok untuk menstabilkan keadaan tanah yang tidak beraturan. Dengan begitu maka akan mengurangi atau memperkecil resiko terjadinya kegagalan proyek atau bencana yang tidak direncanakan.

    6. Bahan Geotextile Mudah Ditemukan
Bahan geotextile mudah untuk ditemukan karena memang bahan dasar konstruksi ini adalah salah satu jenis bahan dasar konstruksi yang populer saat ini. Selain sudah tidak asing lagi, bahan konstruksi ini juga sudah terjamin kualitasnya. Hal ini terbukti bahwa bahan geotextile sudah teruji kelayakannya sejak jaman dulu. Walaupun yang digunakan adalah bahan dasar organik seperti kayu dan bambu.

    7. Bisa Digunakan Sebagai Pelindung
Manfaat yang lain dari geotextile adalah sebagai pelindung. Artinya adalah geotextile biasanya digunakan sebagai pengganti karung goni. Biasanya dimanfaatkan dalam sistem curing beton, digunakan untuk menghindari terjadinya retakan-retakan pada sistem pengeringan batu beton.

Demikian sedikit ulasan sederhana mengenai 7 alasan kenapa harus memilih geotextile sebagai bahan konstruksi yang sering digunakan. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda menggunakan geotextile sebagai bahan dasar konstruksi bangunan. Semoga bermanfaat.

Komentar (0)

Posting Komentar