Pengertian Geotextile Woven | Fungsi dan Aplikasi

Pengertian Geotextile Woven

Geotextile Woven (anyam) adalah material geosintetik yang teranyam, berbentuk seperti terpal berwarna hitam. Sama seperti material geosintetik pada umumnya, geotextile woven ini biasanya digunakan pada proyek-proyek infrastruktur terutama di daerah yang kondisi tanahnya kurang stabil. Bedanya, geotextile woven ini terbuat dari Polypropilene (PP) atau Polyester (PET) dan umumnya berwarna hitam.

Dengan serat polypropylene sebagai material utama, geotextile woven ini dibuat dengan menyusun dua baris benang / pita serat yang mirip dengan kain anyaman. Pada umumnya, geotextile woven biasanya berwarna hitam (dan memiliki bentuk menyerupai karung beras (bukan goni) atau kain terpal.

Gambar 1.5 Geotextile Woven Per Roll

Baca Juga


Fungsi Geotextile Woven

Karena memiliki kuat tarik (tensile strength) yang tinggi, geotextile woven ini berfungsi sebagai stabilisator struktur tanah di lahan gambut, sebagai dasar tanah urugan, maupun perkuatan tanah di lereng gunung. Terutama untuk perkuatan tanah dasar yang lunak.

Keunggulan Geotextile Woven

Dibandingkan geotextile non woven, tentunya geotextile woven ini memiliki beberapa keunggulan. Disini saya akan membahas beberapa keunggulan dalam penggunaan geotextile woven, diantaranya :
  1. Geotextile Woven ini tidak akan mudah koyak atau robek pada saat penggunaan di lapangan, karena memiliki struktur anyaman yang kuat (double twist).
  2. Tahan terhadap sinar matahari, karena memiliki kandungan carbon black sebagai anti UV pada saat produksi benang serat polypropylene (PP) sebagai bahan baku utama geotextile woven.
  3. Memiliki kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah yang tidak stabil.
  4. Geotextile jenis ini memiliki elongation yang rendah dan mudah saat dipasang di lapangan.

Aplikasi Geotextile Woven :

  1. Proyek konservasi air dan perlindungan bendungan
  2. Proyek jalan dan perlindungan lereng
  3. Penguatan landasan kereta api
  4. Tepi sungai dan saluran irigasi
  5. Rembesan waduk dan proyek konsolidasi dll.
Gambar 1.6 Salah Satu Aplikasi Geotextile Woven

Gramasi Geotextile Woven

Sama seperti geotextile non woven, berat geotextile woven ini biasanya dinyatakan dalam satuan gram per meter persegi (gramasi). Namun yang membedakannya adalah tipe gramasi geotextile woven ini, yaitu hanya terdiri dari 150, 200 dan 250 gram. Akan tetapi tidak jarang juga ada yang menyediakan gramasi 300 gram dan kemungkinan adalah barang impor.

Komentar (0)

Posting Komentar